Tingkatkan Partisipasi pada Pilkada Serentak 2019

750 Pemilih Pemula  telah Diberikan Sosialisasi oleh Kesbangpol Pekanbaru

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Drs M Yusuf Mpd saat menyampaikan papaaran dalam acara sosialisasi Selasa (19/2).

PEKANBARU--- (KIBLATRIAU. COM) -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru secara marathon telah melaksanakan sosialisasi terhadap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta se-Kota Pekanbaru. 

Pada hari terakhir dilaksanakan di Hotel Ayola, Selasa (19/2) siswa dan siswi terlihat sangat antusias. Bahkan,  peserta yang hadir ke acara sosialisasi ini jumlahnya mencapai 160 orang. Bahkan, dari keseluruhan peserta yang telah ikut kegiatan sosialisasi yang digelar Kesbangpol ini hampir 750 orang siswa dan siswi SMA sederajat se-kota Pekanbaru. 

Demikian dikatakan Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, M Yusuf didampingi Sekban Kesbangpol Meisisco dan Kabid Politik dan Hubungan Antar Lembaga Zulnawirawan, kepada wartawan,  Selasa (19/2). 

"Ya tujuan kegiatan sosialisasi ini upaya untuk  meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu serentak 2019. 

Karena,  selama ini tingkat pemilih pemula masih rendah. Apalagi selama ini siswa cenderung  cuek dengan politik. Makanya adanya acara sosialisasi ini, kita lihat siswa ingin lebih banyak tahu tentang pemilu dan politik yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang, " ujar Yusuf. 

Dijelaskan Yusuf,  selain itu ia juga berharap kepada pemilih pemula ini setelah mengikuti acara ini agar memberitahukan kepada pihak sekolah, sehingga ilmu yang didapatkan bisa bermanfat, " ujar Yusuf. 

Yusuf mengharapkan siswa untuk mengurus e-KTP sehingga bisa melakukan pencoblosan. Dijelaskan Yusuf kepada siswa, bahwa pemilu 2019 dilakukan serentak, DPR RI, DPD RI, DPRD kota/kabupaten dan Presiden. Tanggal 17 April 2019 hari libur, siswa diharapkan gunakan waktunya barang sebentar untuk datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya. 

"Maka itu,  kita harapkan kepada pemilih pemula, apa yang didapat dari penyuluhan ini menjadi ilmu pengetahuan dan disampaikan siswa ke yang lain. Sehingga nantinya,  siswa yang lain juga bisa memahami tentang pemilu,   sehingga mereka memberikan hak suara dalam memilih dalam pilkada serentak nantinya. Sebab dengan adanya sosialisasi ini,  maka para siswa dan siswi yang ikut akan bisa memberikan hak pilihnya, " harap Yusuf. 
 
Pada sosialisasi terakhir yang dilakukan ini sebanyak 16 SLTA sederajat di Kecamatan Tampan hadir didampingi guru. Adapun sekolah SLTA itu antara lain,  SMKN 4, SMAN 4, SMA Babusalam, SMA Muhammadiyah , SMK Taruna Satria, SMA 15. Selain itu,  SMK Kehutanan,  SMK Farmasi Ekasari, Dar-Elhikma, SMK Taruna, SMAN 12 serta SMA 10.

Sementara itu,  pemateri dihadirkan, Komisioner KPU Pekanbaru, dengan materi pemilu serentak dan teknis-teknis pemilihan atau mencoblosan yang benar. Kemudian nara sumber juga dari  Dosen Fisipol Unri, Tyastinof. Menjelang acara selesai para siswa dan siswi antusias melakukan tanya jawab dan diskusi seputar pemilu. (Hen) 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar